SEKELUMIT CERITA DENGAN GENG FIKSI

Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kita adalah hal yang menyenangkan. Seperti komunitas ODOP (One Day One Post) Batch 4 grup fiksi yang sedang saya geluti. Sosok teman-teman yang memiliki minat menulis membuat saya belajar banyak tentang dunia kepenulisan.

Yang spesial selalu ada tantangan agar kami terus menulis. Tidak peduli sedang sibuk, tak ada inspirasi, atau malas, kami harus menulis. Dipecut dan digembleng agar menulis menjadi suatu habit yang rasanya sayang jika dilewatkan.

Teman-teman geng fiksi ini rupanya juga memiliki minat terhadap jenis cerita fiksi yang berbeda. Setelah BW alias blog walking (istilah untuk aktivitas ngepoin blog orang lain) ke alamat blog teman-teman, saya jadi tahu kalau di antara mereka ada yang lebih dominan menulis kisah horor, percintaan, science fiction, drama rumah tangga, prosa liris, puisi, dan lainnya. Tulisan-tulisan mereka sedikit banyak saya gunakan sebagai bahan untuk mempelajari jenis tulisan lain di luar tema tulisan yang sering saya buat.

Aktivitas BW sesama anggota ini bermanfaat untuk menambah lingkaran grup dan follower blog masing-masing. Setiap BW diwajibkan meninggalkan jejak berupa komentar atau kritik dan saran

Setiap minggu ada tantangan yang harus dikerjakan sebagai... apa ya istilahnya. Semacam kewajiban yang membuat anggota jadi lebih rajin memposting tulisan di blog. Jadi blog nggak sepi kayak kuburan. Hehehe...

Di balik komunitas yang menyenangkan, selalu ada kelemahan yang tersembunyi. Menurut saya ada yang kurang dalam geng fiksi ini, yaitu mengadakan kuliah whatsapp dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten. Mudah-mudahan akan terwujud di kelas fiksi batch selanjutnya.

Target saya selanjutnya ialah berkolaborasi dengan teman-teman ODOP untuk membuat sebuah karya yang diterbitkan menjadi buku. Iri sekali pada anggota ODOP terdahulu yang sudah membuat karya antologi Love Pasta dan buku-buku solo. Insyaallah saya pun mau dan bisa menyusul dengan karya tulis yang berbeda.

#tantanganfiksiODOP
#ODOPfiksi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI BUKU: HUJAN MERAH JAMBU

Ari-Ari Lengket

TIPS JADI JUTAWAN DARI DESAIN GRAFIS