TERNYATA BEGINI SEGARNYA MANISAN CARICA!

Rizkiminallah, kemarin, saat suami pulang dari rumah salah seorang pengguna jasa tes STIFIn, beliau dibawakan oleh-oleh yang lagi hits banget dari Dieng. Karena baru pertama kali liat dan nyobain, akhirnya sekalian, deh di review.

Namanya Carica (dibaca: karika) atau pepaya Dieng, jenis pepaya yang aslinya berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Kalau di Bali biasanya disebut Gedang Memedi.

Menurut informasi yang beredar, Carica bisa tumbuh di dataran tinggi basah, 1.500 - 3.000 meter di atas permukaan laut. Karakteristik daging buahnya cukup keras, warnanya kuning-jingga, rasanya asam, dan baunya harum. Seperti kebanyakan pepaya, Carica juga punya rongga di tengah-tengah yang terdapat banyak biji.

Saat ini Carica banyak diolah menjadi sirup, jus, selai, dan manisan. Hasil olahan tersebut dijual kepada wisatawan sebagai buah tangan atau dikonsumsi oleh warga setempat. Saya sendiri berkesempatan mencicipi olahan manisan Carica yang sudah dikemas dalam wadah cup.

Manisan Carica ini daging buahnya sudah lunak, sehingga lebih mudah digigit. Rasanya pun manis karena sudah dicampur gula dalam proses pembuatannya. Karena sebelumnya saya masukkan kulkas, manisan ini menjadi dingin dan terasa segar saat masuk ke kerongkongan. Apalagi cuaca sedang panas, mengkonsumsi manisan Carica bikin adem.

Buah Carica juga kaya kandungan vitamin A dan C, sumber kalsium, dan gula. Meski belum banyak penelitiannya, buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat. Diantaranya, dapat melancarkan pencernaan, membunuh bakteri jahat di dalam usus, menangkal radikal bebas untuk kulit dari sinar UV, anti aging sebagai penunda penuaan dini, baik untuk kesehatan mata, dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Manisan Carica ini recomended banget untuk dijadikan sebagai oleh-oleh kalau Anda berkunjung ke Dieng. Enak, segar, dan kaya manfaat!

Komentar

  1. Gambarnya dong mb biar lebih ngeces. Saya juga baru tahu tahun2 belakangan kalo Carica itu jadi hitsuntuk oleh2. Padahal dari dulu banget udah pernah beli minuman Carica danenak banget sih. Trus beli manisannya juga waktu ke Semarang. Sayang karena berat banget sedusnya kalo mau beli kirim ke Jatim jadi mahalan ongkirnya hiks...ah..jadi pengeeeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. padahal pengen kasih foto. Apa daya perangkatnya lagi gak on untuk upload foto di blog... hihihi
      Insyaallah kalau sudah fit lagi pasti upload foto utk review makanan. Hehe

      Hapus
  2. Baru tau ada makanan bernama carica.. Makasih mb, sangat informatif..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI BUKU: HUJAN MERAH JAMBU

Ari-Ari Lengket

TIPS JADI JUTAWAN DARI DESAIN GRAFIS