REVIEW NOVEL : TENTANG KAMU

Judul : Tentang Kamu
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : 2016
Jumlah Hlm : vi + 524 hlm
Ukuran Buku : 13.5 × 20.5 cm

"Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi. Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidupku mengalir seperti sungai kehidupan." (Tentang Kamu)

Inilah novel fiksi yang akan membawa pembacanya terbang ke latar tahun empat puluhan sampai sembilan puluhan. Mengajak kita berkunjung ke pulau terpencil di Sumbawa hingga terhipnotis kisah hidup tokoh sampai di kota Menara Eiffel.

Tere, seperti biasa, menghadirkan tokoh yang berkarakter kuat sehingga jalan cerita terasa hidup dan pembaca akan terbawa di dalamnya.

Sekilas, jika hanya melihat judulnya, orang hanya akan menganggap cerita novel ini cuma berkisah tentang cerita cinta. Namun, di balik judul yang terlampau sederhana ini Tere Liye menginterpretasikan kisah yang lebih kompleks dan menarik.

Pesan tentang cinta yang lebih luas dan mendalam: kegigihan, kesabaran, ketekunan, kesederhanaan, kasih sayang. Pembaca akan menemukannya pada tokoh Sri Ningsih dalam novel ini.

Penulis secara apik menampilakan fakta-fakta sejarah dalam novel ini. Tidak secara masif, namun pembaca yang awam akan bergumam "ooh" ketika menemukannya dalam potongan-potongan kisahnya.

Keahlian Tere meramu fakta sejarah dengan kisah fiktif patut diacungi jempol. Latar tempat yang pada novel-novel sebelumnya disembunyikan, kali ini dijabarkan sedemikian jelas sehingga memunculkan rasa baru pada tulisannya.

Kalau menilik dari kemasan yang ditampilkan Tere terhadap novel ini, pembacanya tidak akan menduga bahwa Tere memberikan sentuhan petualangan menggugah yang dilakukan seorang pemuda Indonesia bernama Zaman untuk menemukan misteri ahli waris dari Sri Ningsih. Perjalanannya mengenali sosok Sri Ningsih perlahan membuka tabir kejahatan Sulastri dan misteri hilangnya Tilamuta. Mampukah Zaman menuntaskan misi tersebut?

Sebaiknya selesaikan setiap kata yang tertuang dalam novel ini, atau Anda akan merasakan sensasi penasaran yang membakar seluruh neuron otak Anda.

Komentar

  1. Tere memang mampu meramu cerita dengan sangat apik. Dibalik judul-judul bukunya yang terkesan biasa.

    Reviewnya terlalu singkat. Namun, mampu membuat penasaran...

    BalasHapus
  2. Keren nih, jadi pingin beli ini novel 😆

    BalasHapus
  3. Sekilas kaya surat utk praha yaa?

    BalasHapus
  4. Aaahh... Pengen baca😱😱

    BalasHapus
  5. Nanonano rasanya pas baca ini novel :')

    BalasHapus
  6. "Tentang kamu", jadi ingin baca, sepertinya seru.
    Ada e-booknya?

    BalasHapus
  7. Aku udah pernah baca 😅
    Bukunya keren banget. Selain novel Tere Liye - Hujan, aku juga gagal move on sama novel bang tere yang ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI BUKU: HUJAN MERAH JAMBU

Ari-Ari Lengket

TIPS JADI JUTAWAN DARI DESAIN GRAFIS