SERBA-SERBI SENAM HAMIL

Kalau pada umumnya, orang dengan kondisi sehat bisa melakukan senam untuk menjaga kebugaran tubuh, ternyata ibu hamil juga punya senam khusus, lho. Namanya senam hamil. Sudah pernah mendengar atau bahkan pernah melakukannya?

Senam hamil tentu hanya dilakukan oleh wanita yang sedang hamil. Tapi tidak semua usia kehamilan boleh melakukan senam ini. Ibu-ibu yang diperbolehkan melakukan senam ialah yang usia kandungannya telah memasuki tujuh sampai sembilan bulan. Itu pun dengan kondisi tubuh yang sehat dan tidak terdapat kelainan pada janin.

Jika senam hamil dilakukan saat usia kandungan masih dalam trimester satu atau dua malah akan membahayakan kandungan. Akibatnya adalah perut terasa nyeri sampai resiko pendarahan. Pasalnya, gerakan-gerakan senam hamil bertujuan untuk membantu memudahkan kelahiran bayi. Jadi, jangan coba-coba melakukan senam hamil di usia kandungan ini, ya.

Senam hamil dapat dilakukan dua atau tiga kali seminggu. Manfaatnya untuk melenturkan otot-otot sekitar jalan lahir agar bayi lebih mudah keluar. Selain itu melakukan senam hamil juga dapat memperlancar aliran darah dan pernapasan, serta menjadikan ibu hamil merasa lebih rileks.

Seperti senam pada umumnya, senam hamil bisa dilakukan sendiri di rumah dengan panduan video youtube. Atau jika ingin sekaligus bersosialisasi, bisa mengikuti fasilitas kelas senam hamil yang disediakan di rumah sakit bersalin atau tempat perawatan ibu dan bayi. Biasanya kelas senam hamil yang diadakan oleh instansi kesehatan dibimbing oleh instruktur profesional, sehingga lebih aman jika terjadi kram atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, untuk mengikuti senam hamil, ibu harus memastikan bahwa kondisi kesehatannya beserta bayi di kandungan dalam keadaan sehat. Ada baiknya meminta saran dari bidan atau dokter kandungan sebelum memutuskan untuk mengikuti senam hamil ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI BUKU: HUJAN MERAH JAMBU

Ari-Ari Lengket

TIPS JADI JUTAWAN DARI DESAIN GRAFIS